Tips Membangun Atap Rumah Agar Tak Mudah Bocor

Tips Membangun Atap Rumah Agar Tak Mudah Bocor

                Ketika membangun rumah maka banyak pertimbangan dan perhitungan yang harus dilakukan agar rumah tersebut bisa menjadi hunian yang nyaman dan aman. Salah satu masalah yang sering dialami pada sebuah rumah adalah atap bocor ketika musim hujan. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu. Oleh karena itu pada saat awal pembangunan rumah maka Anda harus merencanakan bangun rumah bebas bocor.

                Sebetulnya atap rumah yang bocor disebabkan beberapa hal diantaranya atap yang berlubang atau retak, pemasangan genting yang kurang tepat, talang air yang dipasang kurang pas dan masih banyak lagi. Untuk mencegah masalah tersebut agar tidak terjadi maka berikut ini akan dijelaskan tips membangun atap rumah agar tak mudah bocor sebagai upaya bangun rumah bebas bocor.

  1. Memperhatikan kemiringan atap

    Pastikan pada saat pemasangan atap untuk bangun rumah bebas bocor, kemiringannya sekitar 25 hingga 40 derajat. Jika atap terlalu landai maka sulit untuk menangkal air hujan dan mudah tertiup angin. Atap dengan kemiringan yang pas akan terhindar dari atap bocor dan air yang rembes pada dinding.

  2. Gunakanlah pelapis atap

    Untuk melindungi atap dari bahaya cuaca maka gunakanlah pelapis atap dari bahan aluminium atau plastik. Pelapis tersebut dipasang dibawah atap sehingga dapat memudahkan air untuk mengalir ke talang.

  3. Lakukan pengecekan rutin terhadap atap Anda

    Lakukan pengecekan secara rutin untuk rangka atap dan plafon. Pastikan tak ada kayu yang lapuk untuk menghindari terjadinya genting bocor dan jatuh. Gantilah kayu yang sudah lapuk dengan kayu baru.

  4. Perhatikan bubungan atap

    Sebaiknya bubungan atap jangan dibuat terlalu tinggi untuk mencegah terjadinya keretakan untuk bangun rumah bebas bocor. Jika terjadi keretakan meskipun hanya berukuran kecil maka dapat memicu terjadinya atap bocor.

  5. Talang atap

    Untuk bangun rumah bebas bocor maka bisa Anda lakukan dengan memilih talang dengan ukuran serta bentuk sesuai jumlah air yang kira-kira akan melewati talang tersebut. Pastikan pula pada talang tersebut tidak terdapat sampah yang berasal dari daun-daun kering.

                Itulah penjelasan mengenai tips membangun atap rumah agar tak mudah bocor sebagai upaya bangun rumah bebas bocor. Tips diatas diharapkan dapat membantu Anda untuk lebih teliti dan cermat ketika membangun rumah terutama untuk bagian atap. Lebih mudah jika mencari bantuan jasa kontraktor Jogja untuk mendapatkan hasil terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *